the difference between happiness and pleasure :)



akupun begitu......
Dulu aku sering bertanya:

1. Sama nggak sih kesenangan dan kebahagiaan ?
2. Kalau nggak sama, di mana bedanya?
3. Apa orang yang senang itu adalah orang yang bahagia?
4. Apa orang yang bahagia itu adalah orang yang senang?
5. Apakah kesenangan dan kebahagiaan itu hanya milik orang kaya, orang yang sehat, atau orang yang punya banyak kelebihan?
6. Kalau gitu, apa orang miskin, orang sakit, orang yang punya banyak kekurangan itu nggak bisa senang dan bahagia?

Beberapa pertanyaan itu sering berputar dalam kepalaku. Aku bingung menemukan jawabanya, sampai aku sadar bahwa aku nggak akan bisa menjawabnya sampai aku tahu definisi dari senang dan bahagia. Dari pengalamanku selama ini, aku bisa menemukan definisinya.
Senang berarti sebuah perasaan dimana segala harapan, keinginan, dan cita-cita kita tercapai.
Bahagia berarti sebuah perasaan dimana kita mampu untuk selalu berpikiran positif dan bisa menerima hidup ini apa adanya.

Dari definisi itu akhirnya aku bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu. Aku bisa njawab bahwa senang itu lain dengan bahagia, dimana kebahagiaan itu akan membawa kesenangan, tetapi kesenangan belum tentu membawa kebahagiaan.
Kenapa bisa seperti ini? Mungkin karena kesenangan itu mahal harganya, sedangkan kebahagiaan itu murah. Kita sering memiliki keinginan yang dan harapan yang tinggi, dan kalau sudah tercapai kita malah menginginkan yang lebih tinggi lagi, sampai akhirnya kalau tidak tercapai kita akan down. Lain halnya dengan bahagia. Saat kita mampu menerima diri kita apa adanya, kita akan bersyukur bila keinginan kita terpenuhi, dan sabar bila belum terpenuhi.
Contoh lainnya adalah orang kaya. Ia bisa aja seneng karena ia kaya, tapi ia belum tentu bahagia. Ia mungkin jadi sangat sibuk dengan pekerjaannya sehingga gak punya waktu buat keluarganya, atau mungkin ini : kaya karena korupsi. Orang miskin bisa bahagia, selama ia bisa menerima hidupnya apa adanya, serta gak punya keinginan yang berlebihan. Ia sudah cukup puas dengan keadaanya saat ini. Begitu pula dengan orang yang sehat dan punya penyakit, serta orang yang punya banyak kelebihan dan orang yang punya banyak kekurangan. Tapi ini bukan berarti orang yang bahagia lantas malas berusaha. Orang miskin, sakit, dan banyak kekurangan yang bahagia akan terus berusaha tapi juga lebih realistis.
Hmm.......lagi-lagi ini masalah sudut pandang. Kalau kita bisa menerima keadaan apa adanya, apalagi bisa melihatnya secara positif dari sudut pandang lain, maka kita akan bahagia. Selamat datang kebahagiaan............

semoga bermanfaat :) 
kebahagiaan dan kesenangan itu....tak usah di pertanyakan,,,,,biarkan hatimu yang merasakan....

0 komentar:

Posting Komentar