FUNGSI DAN MAKNA TEKS LISAN DALAM KESENIAN RODAT

     Rodat merupakan wahana melegitimasi identitas dan sebagai bagian dari proses ritual masyarakat pendukung. Tidak jauh berbeda dengan sastra lisan yang menjadi titik berat dalam sastra lisan adalah kelisanan dan kedaerahannya, dari dua gambaran tersebut fungsi dan makna lisan teks lisan sangat bergantung dengan masyarakat pembentuk tradisi tersebut. Dalam hal ini, kehadiran teks lisan dalam masyarakat pastilah mempunyai maksud yang jelas. Untuk itulah kita perlu mengetahui fungsi dan makna teks lisan tersebut.

      Rodat sebagai bentuk kesenian mempunyai peran sebagai media komunikasi, perlawanan, hiburan serta legitimasi identitas sosial masyarakat. Teks lisan yang terdapat dalam kesenian Rodat pun memiliki fungsi yang tidak jauh dengan bentuknya. Teks lisan yang terdapat pada yang terdapat pada kesenian Rodat terdapat cara pembelajaran, nyanyian atau lagu-lagu yang dilantunkan serta proses pembelajarannya.

      Singkatnya, fungsi dan makna teks lisan kesenian Rodat dapat dilihat dari fungsi sastra lisan untuk kesenian tersebut dan masyarakatnya juga dari isi kesenian tersebut. Untuk itu, fungsi dan makna teks lisan tersebut dalam seni Rodat adalah identitas masyarakat Dusun Gunung Jayan, dan kelompok putih sebangai pembeda dengan kelompok abangan, serta berfungsi sebagai perlawanan terhadap Gerakan PKI yang juga membawa kesenian sebagai alat propogandanya. Selain itu, kesenian ini juga memberikan makna dari masyarakat bahwa dengan adanya kesenian ini, tradisi yang menjadikan ciri daerah tersebut terjaga (tradisi keislaman).

0 komentar:

Posting Komentar