Bintang paling terang

 

pernah liat pemandangan langit seperti itu?
suka liat bintang di langit? sama. aku juga suka.dari dulu aku tertarik sama benda benda langit. tapi sayangnya belakangan ini, jarang banget liat langit malam yang bertaburan bintang. aku inget banget, dulu, kalo lagi mati lampu aku suka cepet- cepet keluar rumah buat ngeliat bintang yang cahayanya paling terang. dan kalo udah ketemu bintang yang paling terang, aku akan bilang kalo bintang itu bintang aku.
bintang itu benda langit yang memancarkan cahayanya sendiri. keren ya? oh ya, aku mau kasih liat bintang- bintang yang paling terang di langit malam. 
Berikut ini adalah daftar 10 bintang yang sinarnya paling  terang. Kesepuluh bintang ini memiliki cahaya yang paling terang di antara bintang-bintang lainnya. Apa sajakah 10 bintang paling terang itu? Check it out!!!
1.  Bintang Sirius
Sirius atau yang kita kenal dengan bintang anjing adalah bintang yang sinarnya paling terang di langit.
2.  Bintang Canopus
Nama Canopus diambil dari salah satu kota tua di Mesir. Bintang Canopus adalah bintang yang memiliki cahaya paling terang kedua.
3.  Rigil Kentaurus
Rigil Kentaurus atau alpha century adalah bintang ketiga yang memiliki cahaya paling terang. Nama Rigil atau rigel diambilnya dari bahasa Arab yang merujuk pada kaki.
4.  Bintang Arcturus
Arcturus adalah bintang paling terang dalam konstelasi Bootes, yang merupakan salah satu dari rasi bintang tertua di langit malam. Ini adalah bintang-4 paling terang di seluruh langit.
5.  Bintang Vega
Vega adalah bintang paling terang kelima di langit. Namanya berasal dari bahasa Arab yang artinya elang menukik. Vega sekitar 25 tahun cahaya dari Bumi.
6.  Bintang Capella
Bintang paling terang keenam adalah Capella. Nama Capella berasal dari bahasa Latin yang artinya kambing betina. Capella adalah bintang raksasa kuning, seperti matahari kita sendiri, tetapi jauh lebih besar.
7.  Bintang Rigel
Posisi ketujuh untuk bintang yang paling terang adalah bintang rigel. Nama Rigel sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya kaki. Ini menunjukkan tempat dalam konstelasi Orion. Rigel merupakan maharaksasa biru dan bagian dari sistem bintang 4.
8.  Bintang Procyon
Procyon adalah bintang terang langit malam kedelapan. Ini adalah bintang kuning-putih dan 11,4 tahun cahaya, salah satu bintang lebih dekat ke Bumi.
9.  Bintang Achemar
Bintang paling terang kesembilan di langit malam adalah Achernar. Bintang ini adalah putih kebiruan yang sangat terang yang sekitar 69 tahun cahaya dari Bumi.
10.  Bintang Betelgeuse
Betelgeuse adalah bintang paling terang kesepuluh di langit. Ia adalah super-raksasa merah sekitar 13.000 kali lebih terang dari matahari kita dan lebih dari 1000 kali lebih besar. Jika Anda ditempatkan Betelgeuse di tempat matahari kita, akan memperpanjang masa orbit Jupiter.

0 komentar:

Posting Komentar